Karburator bocor penyebabnya yaitu needle valve yang tidak menutup dengan sempurna. Pada bagian bawah karburator ada sebuah ruang pelampung yang berguna untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya ada terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini yang berfungsi sebagai katup untuk menutup dan juga membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka secara otomatis needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi bensin dengan penuh, maka needle valve akan menutup saluran tersebut.
Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup dengan sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang sering kita kenal dengan karburator bocor atau banjir.
Inilah cara melacak karburator bocor dan sedikit solusi-solusi lainya:
1.Keran Bensin dol
Misalkan keran bensin manual rusak atau vakumnya enggak fungsi. Meski bensin tak langsung mengucur ke bak karbu lantaran ditahan jarum
pelampung, namun bila keseringan dan menyebabkan jarum pelampung aus atau tersumbat kotoran tetap saja bensin bisa mengalir.
2.Jarum pelampung Aus / Seat(dudukan)jarum pelampung Aus
Salah satu efek dari keran bensin dol karena terus menerus menahan bensin yang mengalir ke karburator karena vakum bensinya rusak.Penyebab lainya bisa juga karat yang ada di tangki menyumbat antara seat dan jarum pelampung.
3.Pelampung bocor
Pelampung disini berfungsi sebagai indikator bensin dan diikat dengan jarum pelampung.Apabila rusak,ga ada yang buat mendorong jarum pelampung ke atas dan menutup saluran bensin.
4.Setelan pelampung terlalu rendah
Masih dipelampung,dicek keran bensinya bagus,terus cek jarum. pelampung dan seatnya ok,serta pas diliat pelampunya juga bagus. Sekarang pasang pelampung beserta jarumnya dan liat apakah tinggi pelampung terlalu rendah.Idealnya 90derajat dengan Mainjet & Pilotjet.Maksudnya lurus gt,ga turun ga naik.Cara setelnya kalau dari logam tinggal cungkil2 aja,terus buat yang tipe plastik bisa pakai solderbuat manasin tuas yang nekan jarum pelampung.Cara mengeceknya,pasang karbu tes ketinggian bensinnya,kalau ga banjir berarti bagus.Terus ga kalah penting lagi volume bensin yang di mangkuk harus cukup untuk merendam mainjet & pilotjet! ga boleh kurang.Kalau kurang nanti suplai bensin berkurang (bensin telat).
5.Karet seal mangkuk karbu bocor
Bocornya bensin Biasannya dari bodi karbu terlihat basah kuyup karena bensin keluar dari sela sela sekat antara atas dan bawah.
Sekian solusi dari saya semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan dalam artikel ini.
Salam Otomotif..
Comments
Post a Comment