Skip to main content

Cara Mengatasi Karburator Bocor

Karburator bocor penyebabnya yaitu needle valve yang tidak menutup dengan sempurna. Pada bagian bawah karburator ada sebuah ruang pelampung yang berguna untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya ada terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini yang berfungsi sebagai katup untuk menutup dan juga membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka secara otomatis needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi bensin dengan penuh, maka needle valve akan menutup saluran tersebut.
Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup dengan sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang sering kita kenal dengan karburator bocor atau banjir.





Inilah cara melacak karburator bocor dan sedikit solusi-solusi lainya:



1.Keran Bensin dol

Misalkan keran bensin manual rusak atau vakumnya enggak fungsi. Meski bensin tak langsung mengucur ke bak karbu lantaran ditahan jarum
pelampung, namun bila keseringan dan menyebabkan jarum pelampung aus atau tersumbat  kotoran tetap saja bensin bisa mengalir.


2.Jarum pelampung Aus / Seat(dudukan)jarum pelampung Aus

Salah satu efek dari keran bensin dol karena terus menerus menahan bensin yang mengalir ke karburator karena vakum bensinya rusak.Penyebab lainya bisa juga karat yang ada di tangki menyumbat antara seat dan jarum pelampung.


3.Pelampung bocor

Pelampung disini berfungsi sebagai indikator bensin dan diikat dengan jarum pelampung.Apabila rusak,ga ada yang buat mendorong jarum pelampung ke atas dan menutup saluran bensin.


4.Setelan pelampung terlalu rendah

Masih dipelampung,dicek keran bensinya bagus,terus cek jarum. pelampung dan seatnya ok,serta pas diliat pelampunya juga bagus. Sekarang pasang pelampung beserta jarumnya dan liat apakah tinggi pelampung terlalu rendah.Idealnya 90derajat dengan Mainjet & Pilotjet.Maksudnya lurus gt,ga turun ga naik.Cara setelnya kalau dari logam tinggal cungkil2 aja,terus buat yang tipe plastik bisa pakai solderbuat manasin tuas yang nekan jarum pelampung.Cara mengeceknya,pasang karbu tes ketinggian bensinnya,kalau ga banjir berarti bagus.Terus ga kalah penting lagi volume bensin yang di mangkuk harus cukup untuk merendam mainjet & pilotjet! ga boleh kurang.Kalau kurang nanti suplai bensin berkurang (bensin telat).


5.Karet seal mangkuk karbu bocor

Bocornya bensin Biasannya dari bodi karbu terlihat basah kuyup karena bensin keluar dari sela sela sekat antara atas dan bawah.


Sekian solusi dari saya semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan dalam artikel ini.
Salam Otomotif..

Comments

Popular posts from this blog

Rumus Tata Tertib Touring Sepeda Motor

Belajar dari pengalaman bersama Komunitas/Klub Motor bahwasanya segala ketentuan touring dan tata cara berkendara seharusnya menetapkan prinsip “Safety Riding” (keamanan berkendara).  Pada prinsipnya semua Komunitas/Klub Motor sudah memiliki pemahaman, maupun penerapan ‘Safety Riding’ berlandaskan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP). Ketika sebuah Komunitas/Klub Motor melakukan touring, biasanya seluruh rangkaian touring diatur dengan profesional serta penuh tanggung jawab dari para pengurusya maupun dari seluruh anggota. Tanggung jawab ini merupakan “harga diri” dari sebuah nama Komunitas/Klub Motor yang tetap harus dijaga. Bahasa isyarat touring ‘VJ Touring’ wajib memberikan simulasi serta menjelaskan arti dari pada “bahasa isyarat touring” yang harus dilakukan oleh semua peserta secara berurutan,  ‘VJ Touring’, berada diposisi paling depan, memberikan bahasa isyarat touring yang kemudian diteruskan secara berurutan sampai pada peserta di belakang. Hal ini har...

Cara Mengatasi Pintu Kaca Mobil Yang Rusak (Power Window)

Kaca pada sektor jendela mobil memilik fungsi juga sebagai pelindung atau yang merupakan ke luar masukanya hawa, kala kaca mobil ditutup bakal melindungi anda dari air hujan atau hawa bernoda saat driving, disaat kaca mobil di buka ada sirkulasi hawa dalam kabin mobil. Namun ada kasus lain di mana kaca mobil dengan system power window sedikit sulit utk ditutup kembali bahkan terhambat atau diam dan tidak bergerak sama sekali jika mau di buka.  Sangat Sering aspek ini kita menjadi jengkel, terutama saat akan membayar tol maupun membuang sesuatu ke luar mobil dan kaca jendelanya sulit untuk di buka sebab macet.  Motor kaca jendela merupakan komponen yang menggerakkan regulator agar dapat menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Biasanya untuk memeriksa motor kaca jendela, Anda harus membedah pintu, karena letaknya yang berada di dalam. Adapun cara mudah mengetahui apakah motor kaca jendela berfungsi yakni dengan mematikan mesin mobil sambil menyalakan lampu ...

Tips Memanaskan Mobil Dengan Baik

Banyak orang menganggap memanaskan mesin mobil itu hal sepele atau sangat mudah dikerjakan, cukup ambil kunci kontak, nyalakan mesin dan injak gas semaunya. Ini yang banyak dilakukan orang setiap pagi, tapi tahukah anda bahwa bukan hanya pagi saja mobil harus dipanaskan, di lain waktu ketika mobil lama tidak menyala atau di atas enam jam maka perlu dipanaskan sebelum dijalankan. Perawatan harian terhadap mobil ini sangat bagus dilakukan setiap hari untuk menjaga mobil kesayangan kita dan tidak memerlukan waktu lama yaitu dengan meluangkan waktu untuk   memanskan mesin mobil yang benar  kurang lebih lima menit setiap pagi atau setiap sebelum digunakan untuk pertama kali pada setiap harinya. Kegiatan pemanasan mobil ini terkhusus untuk mobil injeksi sebab sirkulasi pelumasa pada  mobil injeksi lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan karburator. Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja ta...