Skip to main content

Trik Seting Komponen CVT Motor Matic/Cara Mengetahui Kerusakannya



Bagi kalian yang mempunyai sepeda motor jenis matic yang mempunyai kendala di bagian komponen CVT, yakni kurangnya tenaga dan tidak responsif, ada beberapa cara untuk mengatasinya agar mendapatkan tenaga yang optimal pada motor metic anda. Anda cukup menyetting komponen CVT pada motor matic anda.

Oke broo kali ini kami akan menjelaskan tips cara mengetahui kerusakan komponen CVT dan trik cara settingnya nya agar motor matic anda mempunyai tenaga yang maksimal responsif.
pertama-tama ane kasih tau dulu cara mengetahui kerusakan bagian komponen CVT nya dulu ya broo,,
silahkan simak pembahasan dibawah ini;


BERIKUT TIPS CARA MENGETAHUI KERUSAKAN DI BAGIAN KOMPONEN CVT DAN TRIK SETING NYA:

1.TANDA KERUSAKAN ROLLER CVT
Jika Roller CVT rusak, aus, atau sudah sampai umur pakainya, maka akan terasagetaran atau vibrasi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain akselerasi pada putaran atas seperti tertahan.

2.TANDA KERUSAKAN MANGKUK KOPLING CVT
Ketika mangkuk kopling bermasalah maka gejala yang timbul pada saat motor di jalankan pada putaran bawah dan atas akan terasa jedug-jedug/ndut-ndutan seakan tersendat.

3.TANDA KERUSAKAN KAMPAS SENTRIFUGAL
Kampas sentrifugal berfungsi untuk menekan dan menahan mangkuk kopling sehingga transfer tenaga diteruskan ke roda. Bila Kampas sentrifugal aus atau rusak, maka Anda bisa merasakan akselerasi motor matic yang sedang dikendarai akan menjadi lambat dan kecepatan menjadi berkurang dari biasanya.

4.TANDA KERUSAKAN KOMPONEN SECONDARY SLIDING SHEAVE CVT
Secondary sliding shave merupakan komponen CVT yang berhubungan dengan V-Bel. Ada kemungkinan komponen ini aus maupun tergerus akibat menompang putaran V-Bel secara terus menerus. Jika ada kerusakan di bagian komponen ini maka putaran menengah motor terasa tertahan sesaat dan kemudian normal kembali.

5.ERUSAKAN KOMPONEN SECONDARY FIXED SHEAVE CVT
Komponen Secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusak pada tiga lobang pin guidenya, ciri-cirinya adalah bila rusak adalah ketiga lubang tersebut melebar. Bila tidak segera diganti maka akan berpengaruh pada Komponen CVT Motor Matic lainnya.

6.TANDA KERUSAKAN CORONG CVT
Motor Matic Anda Slip? Itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan maka akan sedikit fatal, karena bila rusak atau aus ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga v-belt, kampas kopling dan lainnya menjadi slip.


CARA SETING  CVT PADA MOTOR MATIC  ANDA:

1.mengurangi bobot Roller CVT
yaitu pada bobot atau berat roller harus anda buat seringan mungkin dari standarnya. Agar tarikan pertama menjadi responsif di putaran bawah.
Tetapi jika anda mengurangi bobot roller dari standarnya, jangan terlalu banyak. Karena jika anda mengurangi terlalu banyak maka akan mempengaruhi performa sepeda motor matic anda pada putaran atas. Anda cukup turunkan saja 1 mata, misalkan dari 10 gram menjadi 9 gram saja.

2.Gunakan Per kampas kopling yang lebih keras
Efeknya maka semakin cepat buk pully, dan akan terjadi pada kampas sentrifugal jadi ikut cepat terangkat. Per kampas yang ada 3 buah, mempunyai fungsi yang penting di bagian ini.Jika pada ketiga per tersebut sudah lemah, maka bisa di pastikan komponen kampas gampang slip dan juga tenaga baru terasa di rasakan ketika putaran engine tengah ke atas.
Solusi biasanya yang di gunakan agar kampas kopling sentrifugal tidak mudah slip ialah menggantidengan ketiga per standar tersebut menjadi per yang lebih keras.
Biasanya tersedia di  toko onerdil ataupun bengkel-bengkel motor.

3.Gunakan Per CVT Racing
Dengan tanpa mengganti roller standar ada solusi lain agar mempunyai tarikan yang lumayan bertenaga dan responsif, yakni dengan menggunakan per CVT Racing.
Per CVT Racing ini mampu membantu performa mesin di RPM bawah. Berapa ukuran per CVT yang berada di pasaran bisa menjadi pilihan anda.

Akan tetapi yang perlu di perhatikan untuksepeda motor matic yang mesinnya masih standar, cukup menggunakan per CVT yang berukuran 1000 atau bisa juga menggunakan 1500 RPM. Jika andamenggunakan lebih dari itu, maka akan menjadi tarikan motor matic anda menjadi kurang baik.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Memanaskan Mobil Dengan Baik

Banyak orang menganggap memanaskan mesin mobil itu hal sepele atau sangat mudah dikerjakan, cukup ambil kunci kontak, nyalakan mesin dan injak gas semaunya. Ini yang banyak dilakukan orang setiap pagi, tapi tahukah anda bahwa bukan hanya pagi saja mobil harus dipanaskan, di lain waktu ketika mobil lama tidak menyala atau di atas enam jam maka perlu dipanaskan sebelum dijalankan. Perawatan harian terhadap mobil ini sangat bagus dilakukan setiap hari untuk menjaga mobil kesayangan kita dan tidak memerlukan waktu lama yaitu dengan meluangkan waktu untuk   memanskan mesin mobil yang benar  kurang lebih lima menit setiap pagi atau setiap sebelum digunakan untuk pertama kali pada setiap harinya. Kegiatan pemanasan mobil ini terkhusus untuk mobil injeksi sebab sirkulasi pelumasa pada  mobil injeksi lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan karburator. Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja ta...

Rumus Tata Tertib Touring Sepeda Motor

Belajar dari pengalaman bersama Komunitas/Klub Motor bahwasanya segala ketentuan touring dan tata cara berkendara seharusnya menetapkan prinsip “Safety Riding” (keamanan berkendara).  Pada prinsipnya semua Komunitas/Klub Motor sudah memiliki pemahaman, maupun penerapan ‘Safety Riding’ berlandaskan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP). Ketika sebuah Komunitas/Klub Motor melakukan touring, biasanya seluruh rangkaian touring diatur dengan profesional serta penuh tanggung jawab dari para pengurusya maupun dari seluruh anggota. Tanggung jawab ini merupakan “harga diri” dari sebuah nama Komunitas/Klub Motor yang tetap harus dijaga. Bahasa isyarat touring ‘VJ Touring’ wajib memberikan simulasi serta menjelaskan arti dari pada “bahasa isyarat touring” yang harus dilakukan oleh semua peserta secara berurutan,  ‘VJ Touring’, berada diposisi paling depan, memberikan bahasa isyarat touring yang kemudian diteruskan secara berurutan sampai pada peserta di belakang. Hal ini har...

Cara Mengatasi Pintu Kaca Mobil Yang Rusak (Power Window)

Kaca pada sektor jendela mobil memilik fungsi juga sebagai pelindung atau yang merupakan ke luar masukanya hawa, kala kaca mobil ditutup bakal melindungi anda dari air hujan atau hawa bernoda saat driving, disaat kaca mobil di buka ada sirkulasi hawa dalam kabin mobil. Namun ada kasus lain di mana kaca mobil dengan system power window sedikit sulit utk ditutup kembali bahkan terhambat atau diam dan tidak bergerak sama sekali jika mau di buka.  Sangat Sering aspek ini kita menjadi jengkel, terutama saat akan membayar tol maupun membuang sesuatu ke luar mobil dan kaca jendelanya sulit untuk di buka sebab macet.  Motor kaca jendela merupakan komponen yang menggerakkan regulator agar dapat menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Biasanya untuk memeriksa motor kaca jendela, Anda harus membedah pintu, karena letaknya yang berada di dalam. Adapun cara mudah mengetahui apakah motor kaca jendela berfungsi yakni dengan mematikan mesin mobil sambil menyalakan lampu ...