Skip to main content

Trik supaya motor menjadi kencang dan irit



Hai para pecinta Otomotif.. Bagi kalian yang menyukai kecepatan, pasti masih saja merasa kurang puas akan ke iritan dan kecepatan motor kalian bukan..??
Oleh sebab itu ane akan memberikan sedikit cara untuk motor kalian menjadi kencang dan irit.
Selain mengenai kecepatan, masalah keiritan motor pun turut menjadi perhatian para pengendara, dan meskipun motor yang saat ini mungkin dirasa sudah irit, namun pengendara akan merasa bahwa motor masih kurang irit.

ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar motor kalian menjadi irit dan kencang. Perlu diketahui, untuk membuat motor menjadi lebih kencang dan irit adalah dua dimensi yang berbeda, karena cukup sulit menggabungkan kedua hal tersebut, namun ada cara untuk menggabungkan irit dan kencang menjadi satu.

Salasatu nya yaitu Porting polish, merupakan cara pertama yang dapat ditempuh untuk membuat motor menjadi lebih kencang namun irit bahan bakar sekaligus. Porting polish dilakukan pada bagian head kendaraan, untuk memperlancar proses hisap dan buang pada saat melakukan pembakaran dalam mesin. Proses ini biasanya kurang diperhatikan oleh produsen, karena kebanyakan para produsen mengejar produksi masal untuk menekan penjualan. Porting polish dapat menambah ‘nafas’ dan tenaga motor pengendara, sekaligus membuat proses hisap dan proses buang menjadi lebih efisien.

Lihat proses seperti di bawah ini:


1 papas head
Proses ini dilakukan untuk memadatkan dan menaikkan rasio kompresi pada motor yang membuat motor menjadi lebih memiliki tenaga. Namun perlu diingat, bahwa proses pemapasan head cukup berisiko, terutama ketika mekanik tidak faham dengan kondisi motor. Oleh karena itu, butuh ketelitian dan penghitungan yang tepat antara posisi head, boring, dan bagian lainnya seperti busi, klep dan seher agar tidak mengalami ‘tabrakan.

2 Perbesar Klep
Pada motor 4 tak, klep digunakan untuk mengatur proses pembuangan dan proses penghisapan ( in ex ). Dengan melakukan perbesaran pada klep in dan ex, motor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih panjang, dan lebih efisien dalam pembakaran, selain itu pengendara dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

   -Gunakan head dengan jumlah klep yang lebih banyak (3 klep)
   -Gunakan noken as yang berkualitas
   -Penggantian head dengan sistem DOHC (bagi motor yang masih
    menganut sistem SOHC Dual Valve)

3 Majukan Timing Pengapian
Timing pengapian dapat dimajukan, untuk mempercepat preses pembakaran, dan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi. Biasanya dalam memajukan timing pengapian, anda dapat mengganti komponen berikut ini :

   -CDI, penggunakan CDI dengan kurva pengapian yang lebih maju, atau
     gunakan CDI yang timing pengapiannya dapat diatur.
   -KOIL, koil dapat digunakan untuk memperbesar api yang nantinya
     akan membakar AFR pada ruang bakar.
   -BAHAN BAKAR, timing pengapian yang sudah dimajukan, haram
     hukumnya menggunakan bahan bakar yang beroktan 88 atau
     premium, hal ini akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan proses
     pembakaran menjadi kurang sempurna.

4 Rajin Melakukan Service
Service mesin dan service karburator menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga performa dari motor, dalam proses service. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat service motor:

   -Service dan bersihkan karburator dengan tuntas.
   -Bersihkan kerak pada bagian head, klep, dan piston.
   -Bersihkan busi, dan ganti ketika harus diganti.

5 Jangan Menggunakan Ban Yang Berukuran Lebih Besar
Ban standar motor yang di rancang dari pabrik adalah ukuran ban yang terbaik dipasang atau apabila ingin memperbesar atau mengecilkan ban maksimal ganti ban dengan 2 ukuran di atas atau di bawahnya. Memperbesar ban, tanpa mengganti velg dan peningkatan performa mesin, hanya akan membuat beban mesin menjadi berat dan malah membuat motor akan semakin terasa berat.

6 Mengganti Komponen ECU Atau ECM
Sepeda motor  saat ini kebanyakan sudah menggunakan teknologi fuel injection, yang diatur oleh komputer. Itu artinya setiap motor yang memiliki sistem pembakaran dengan menggunakan fuel injection pastilah memiliki ECM atau ECU yang mengatur. Pengendara dapat membeli produk ECM atau ECU aftermartket yang tersedia di pasaran namun sayang, penggantian ECM dan ECU ini masih mahal komponennya akan tetapi memiliki efek yang sangat signifikan terhadap motor.

Terimaksih semoga ulasan di atas bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Memanaskan Mobil Dengan Baik

Banyak orang menganggap memanaskan mesin mobil itu hal sepele atau sangat mudah dikerjakan, cukup ambil kunci kontak, nyalakan mesin dan injak gas semaunya. Ini yang banyak dilakukan orang setiap pagi, tapi tahukah anda bahwa bukan hanya pagi saja mobil harus dipanaskan, di lain waktu ketika mobil lama tidak menyala atau di atas enam jam maka perlu dipanaskan sebelum dijalankan. Perawatan harian terhadap mobil ini sangat bagus dilakukan setiap hari untuk menjaga mobil kesayangan kita dan tidak memerlukan waktu lama yaitu dengan meluangkan waktu untuk   memanskan mesin mobil yang benar  kurang lebih lima menit setiap pagi atau setiap sebelum digunakan untuk pertama kali pada setiap harinya. Kegiatan pemanasan mobil ini terkhusus untuk mobil injeksi sebab sirkulasi pelumasa pada  mobil injeksi lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan karburator. Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja ta...

Rumus Tata Tertib Touring Sepeda Motor

Belajar dari pengalaman bersama Komunitas/Klub Motor bahwasanya segala ketentuan touring dan tata cara berkendara seharusnya menetapkan prinsip “Safety Riding” (keamanan berkendara).  Pada prinsipnya semua Komunitas/Klub Motor sudah memiliki pemahaman, maupun penerapan ‘Safety Riding’ berlandaskan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP). Ketika sebuah Komunitas/Klub Motor melakukan touring, biasanya seluruh rangkaian touring diatur dengan profesional serta penuh tanggung jawab dari para pengurusya maupun dari seluruh anggota. Tanggung jawab ini merupakan “harga diri” dari sebuah nama Komunitas/Klub Motor yang tetap harus dijaga. Bahasa isyarat touring ‘VJ Touring’ wajib memberikan simulasi serta menjelaskan arti dari pada “bahasa isyarat touring” yang harus dilakukan oleh semua peserta secara berurutan,  ‘VJ Touring’, berada diposisi paling depan, memberikan bahasa isyarat touring yang kemudian diteruskan secara berurutan sampai pada peserta di belakang. Hal ini har...

Cara Mengatasi Pintu Kaca Mobil Yang Rusak (Power Window)

Kaca pada sektor jendela mobil memilik fungsi juga sebagai pelindung atau yang merupakan ke luar masukanya hawa, kala kaca mobil ditutup bakal melindungi anda dari air hujan atau hawa bernoda saat driving, disaat kaca mobil di buka ada sirkulasi hawa dalam kabin mobil. Namun ada kasus lain di mana kaca mobil dengan system power window sedikit sulit utk ditutup kembali bahkan terhambat atau diam dan tidak bergerak sama sekali jika mau di buka.  Sangat Sering aspek ini kita menjadi jengkel, terutama saat akan membayar tol maupun membuang sesuatu ke luar mobil dan kaca jendelanya sulit untuk di buka sebab macet.  Motor kaca jendela merupakan komponen yang menggerakkan regulator agar dapat menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Biasanya untuk memeriksa motor kaca jendela, Anda harus membedah pintu, karena letaknya yang berada di dalam. Adapun cara mudah mengetahui apakah motor kaca jendela berfungsi yakni dengan mematikan mesin mobil sambil menyalakan lampu ...