Skip to main content

Cara Menyalip Kendaraan Mobil Dengan Baik Dan Benar


                       


Patuhi aturan laluintas karena sangat penting, diperhatikan mulai dengan kelengkapan surat-surat kendaraan harus selalu dibawa, mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan raya yang dilalui,
kelengkapan di fisik body kendaraan harus lengkap seperti bagian spion, lampu, ban dipastikan dalam keadaan tidak rusak agar saat berkendaraan anda semakin nyaman dan selamat dan terhindar dari kecelakaan yang tidak di inginkan.


Hal pertama yang harus di perhatikan yaitu:

1.
Sebelum menyalip kendaraan lain, pastikan terlebih dahulu kondisi jalan harus lenggang baik dari arah belakang maupun depan.
Wajib menyalakan sein atau klaskson yang bisa berguna untuk menginformasikan ke pengguna jalan lain, bahwa Anda ini ingin menyalip.

2.
Jangan bergerak zig-zag. Hal ini dikarenakan gerakan zig-zag dapat mengakibatkan tekanan besar pada suspensi, sehingga berimbas pada daya cengkeram ban menjadi berkurang. Inilah yang menyebabkan mobil sering selip atau sangat susah untuk dikontrol. Dan pastikan posisi gear tepat agar putaran mesin menjadi tinggi.

4.
Bila ingin menyalip kendaraan lain di depan, usahakan ada selisih jarak minimal satu meter.

5.
Hindari menghentakkan setir saat menyalip, banyak kasus ini bisa berimbas pada kaki-kaki menjadi gangguan alias kinerjanya tidak normal.
Hindari pada saat jalanan menanjak, menikung dan jembatan, karena jarak pandang ke depan sangatlah terbatas.

6.
Usahakan saat menyalip kendaraan lain, gunakan lajur kanan, sebab pada lajur kiri pandangan Anda terbatas.
7.

Cara menyalip kendaraan mobil saat berada di jalan tol.
Anda berada di jalan tol yang notabene kecepatan mobil rata-rata di atas 60 km/jam, diperlukan konsentrasi ekstra untuk menyalip. Hal yang perlu dilakukan adalah mencermati tekstur jalan, serta kondisi kendaraan Anda apakah mampu untuk mencapai kecepatan tertentu untuk menyalip kendaraan didepan Anda.

Hal yang tidak kalah penting adalah posisi dan jarak antar mobil. Lihat kaca spion, apakah ada ruang memadai untuk mobil berpindah jalur untuk menyalip.
Gunakan sein dan melihat jauh ke depan untuk memastikan kondisijalan yang akan dilalui sudah aman.

Begitu memungkinkan untuk menyalip, tambah kecepatan secara gradual dan tak perlu tergesa-gesa. Sama halnya dengan pengaturan kemudi.
Tapi, jika kondisi mesin Anda tidak memadai untuk menyalip mobil di depan, sebaiknya urungkan niat menyalip mobil di depan.

8.
Cara menyalip kendaraan mobil saat kondisi cuaca hujan
Ketika turun hujan atau kabut, mengendarai mobil memang butuh perhatian ekstra. Kecepatan kendaraan pun lebih rendah dari kondisi normal. Tak lain karena kondisi jalan yang licin sangat berisiko terjadinya kecelakaan. Belum lagi jika ada genangan air yang bisa menyebabkan aquaplanning ketika dilewati mobil. Masih ada faktor jarak pandang yang juga berkurang ketika hujan tinggi.
Saat Anda perlu menyalip mobil lain dalam kondisi hujan, pastikan kondisi jalan sudah memungkinkan.
Lihat dahulu kendaraan di sekitar Anda. Selain itu tetap jaga jarak dengan mobil di depan. Beri lampu sein beberapa saat sebelum Anda menyalip supaya mobil di depan dan belakang tidak terkejut saat Anda menyalip.
Nyalakan lampu utama mobil jika intensitas hujan tinggi. Hal ini berfungsi agar mobil di sekitar bisa melihat jika Anda berpindah jalur atau saat akan menyalip mobil di depan. Cermati pula tidak ada genangan air di permukaan jalan yang akan Anda lalui. Pergerakan setir maupun pedal gas sebaiknya dilakukan lebih halus ketimbang kondisi kering.
Hindari menyalip dari sebelah kiri, terutama bahu jalanJaga jarak dan kecepatan saat berkendara di cuaca hujan dan hindari pindah jalur jika melihat garis tidak putus di jalan.

Demikian tips cara menyalip baik dan benar agar anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman selamat sampai tujuan.


Comments

Popular posts from this blog

Rumus Tata Tertib Touring Sepeda Motor

Belajar dari pengalaman bersama Komunitas/Klub Motor bahwasanya segala ketentuan touring dan tata cara berkendara seharusnya menetapkan prinsip “Safety Riding” (keamanan berkendara).  Pada prinsipnya semua Komunitas/Klub Motor sudah memiliki pemahaman, maupun penerapan ‘Safety Riding’ berlandaskan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP). Ketika sebuah Komunitas/Klub Motor melakukan touring, biasanya seluruh rangkaian touring diatur dengan profesional serta penuh tanggung jawab dari para pengurusya maupun dari seluruh anggota. Tanggung jawab ini merupakan “harga diri” dari sebuah nama Komunitas/Klub Motor yang tetap harus dijaga. Bahasa isyarat touring ‘VJ Touring’ wajib memberikan simulasi serta menjelaskan arti dari pada “bahasa isyarat touring” yang harus dilakukan oleh semua peserta secara berurutan,  ‘VJ Touring’, berada diposisi paling depan, memberikan bahasa isyarat touring yang kemudian diteruskan secara berurutan sampai pada peserta di belakang. Hal ini har...

Cara Mengatasi Pintu Kaca Mobil Yang Rusak (Power Window)

Kaca pada sektor jendela mobil memilik fungsi juga sebagai pelindung atau yang merupakan ke luar masukanya hawa, kala kaca mobil ditutup bakal melindungi anda dari air hujan atau hawa bernoda saat driving, disaat kaca mobil di buka ada sirkulasi hawa dalam kabin mobil. Namun ada kasus lain di mana kaca mobil dengan system power window sedikit sulit utk ditutup kembali bahkan terhambat atau diam dan tidak bergerak sama sekali jika mau di buka.  Sangat Sering aspek ini kita menjadi jengkel, terutama saat akan membayar tol maupun membuang sesuatu ke luar mobil dan kaca jendelanya sulit untuk di buka sebab macet.  Motor kaca jendela merupakan komponen yang menggerakkan regulator agar dapat menaikkan dan menurunkan kaca mobil. Biasanya untuk memeriksa motor kaca jendela, Anda harus membedah pintu, karena letaknya yang berada di dalam. Adapun cara mudah mengetahui apakah motor kaca jendela berfungsi yakni dengan mematikan mesin mobil sambil menyalakan lampu ...

Tips Memanaskan Mobil Dengan Baik

Banyak orang menganggap memanaskan mesin mobil itu hal sepele atau sangat mudah dikerjakan, cukup ambil kunci kontak, nyalakan mesin dan injak gas semaunya. Ini yang banyak dilakukan orang setiap pagi, tapi tahukah anda bahwa bukan hanya pagi saja mobil harus dipanaskan, di lain waktu ketika mobil lama tidak menyala atau di atas enam jam maka perlu dipanaskan sebelum dijalankan. Perawatan harian terhadap mobil ini sangat bagus dilakukan setiap hari untuk menjaga mobil kesayangan kita dan tidak memerlukan waktu lama yaitu dengan meluangkan waktu untuk   memanskan mesin mobil yang benar  kurang lebih lima menit setiap pagi atau setiap sebelum digunakan untuk pertama kali pada setiap harinya. Kegiatan pemanasan mobil ini terkhusus untuk mobil injeksi sebab sirkulasi pelumasa pada  mobil injeksi lebih cepat dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan karburator. Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja ta...